Pasar Kebondalem, Pasar tradisional yang masih lestari

Administrator 06 Februari 2018 16:00:44 WIB

kebondalem.kabpacitan.id-Pasar Desa Kebondalem merupakan satu-satunya pasar tradisional yang ada di Desa Kebondalem. Pasar sebagai pusat kegiatan perekonomian masyarakat, tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk sebuah item pertukaran barang dan jasa. Pasar tradisional erat kaitanya dengan Pancawara, yakni sebuah pekan atau minggu yang terdiri dari lima hari, yaitu: Kliwon, Legi, Pahing, Pon dan Wage.


Pasar Desa Kebondalem memiliki satu hari pasaran dalam satu pekan atau minggu, yakni Pahing. Jika hari pasaran tiba, Pasar Kebondalem akan lebih ramai daripada biasanya dan sangat ramai apabila hari pasaran jatuh pada hari minggu atau hari libur dan menjelang hari Raya Idul Fitri. Sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun lalu, bahwa setiap hari pasaran Pahing, sebagian besar warga Desa Kebondalem dan sekitarnya bahkan juga dari luar Kabupaten Pacitan seperti dari kabupaten Ponorogo, Madiun dan Magetan akan meramaikan pasar tradisional tersebut dengan aktivitas berdagang maupun berbelanja. Walaupun berasal dari daerah yang jaraknya cukup jauh dari pasar, mereka tetap bersemangat untuk melakukan kegiatan jual- beli di Pasar Desa Kebondalem.


Keramaian di Pasar ini mulai pukul 05:00 sampai dengan 11:00, Namun demikian masih ada beberapa Toko/Kios yang buka, Karena memang Toko/Kios tersebut buka setiap hari tidak tergantung pada hari Pasaran.


Di Pasar ini akan kita temui berbagai pedagang yaitu Pedagang Baju, Tas, Sandal, Makanan, Gerabah, tanaman hias, perkakas rumah, buah-buahan dan hasil pertanian lainnya yang dengan penuh senyuman dan sapaan sambil menawarkan barang dagangannya. Satu Hal yang menjadi ciri khas dan unik dari Pasar Tradisional ini adalah Proses tawar menawar antara pembeli dan penjual yang tidak akan kita jumpai pada pasar Modern.

Komentar atas Pasar Kebondalem, Pasar tradisional yang masih lestari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kebondalem

tampilkan dalam peta lebih besar